Catatan :

Sunday, July 26, 2015

Mobil Terbang Impian, Terrafugia TF-X yang Modern


Mungkin dulu kita pernah bermimpi untuk memiliki sebuah mobil terbang, seperti yang ada dalam film Sci-Fi (Science Fiction) yang menceritakan kehidupan di masa depan. Berbahagialah kalian, karena mobil terbang sebentar lagi akan terwujud. Terrafugia TF-X, itulah nama mobil terbang tersebut.




Mobil terbang Terrafugia TF-X sebelumnya sudah diumumkan pada tahun 2013 oleh Terrafugia, sebuah perusahaan mobil terbang asal Amerika Serikat. Namun tahun ini, Terrafugia baru bisa merilis video resmi 3 dimensi mengenai mobil terbang tersebut sebelum diproduksi dan benar-benar digunakan oleh penggunanya.


Terrafugia TF-X merupakan kendaraan listrik hybrid, dan mampu menampung hingga empat penumpang. Mungkin Terrafugia TF-X bisa menjadi kendaraan alternatif (kalau tidak mahal) untuk kota sebesar Jakarta yang sering di landa macet. Desain mobil terbang Terrafugia TF-X dibuat sedemikian rupa agar dapat masuk garasi seperti mobil-mobil pada umumnya. Terrafugia TF-X juga dipersiapkan agar menjadi kendaraan legal yang dapat berjalan di jalan umum. Rancangan terbaru ini membuat Terrafugia TF-X dapat digunakan di dua alam, yaitu di darat dan di udara baik sebagai mobil maupun pesawat.


Terrafugia TF-X dapat terbang atau lepas landas serta mendarat secara vertikal layaknya sebuah helikopter, sehingga tidak memerlukan landasan pacu yang memakan tempat atau jalan yang panjang. Cukup menggunakan jalan umum biasa, dan biarkan Terrafugia TF-X memulai aksinya untuk terbang secara vertical. Terrafugia TF-X diperkirakan akan menggunakan mesin 300hp (horse power) dan dapat melaju hingga 200 mph atau setara dengan 322 km/jam. Dengan menggunakan mobil ini, kalian bisa ngebut tanpa hambatan (kecuali disana ada burung, pesawat, superman, dan sebagainya).


Terrafugia TF-X diperkenalkan pertama kali pada tahun 2013 lalu, dan diperkirakan akan membutuhkan waktu enam sampai delapan tahun untuk memproduksi Terrafugia TF-X hingga benar-benar bisa digunakan di jalanan umum. Terrafugia TF-X diperkirakan akan diberi label harga sebesar antara US$300.000 hingga US$400.000 atau jika dirupiahkan, sekitar Rp 4 Miliar hingga Rp 5,3 Miliar. Nah, mending beli rumah istana atau mobil..???


Akan tetapi, terlepas dari kemudahan yang didapatkan oleh setiap pengguna mobil terbang untuk mencapai tujuannya tanpa terhalang batas seperti laut, hutan, gedung tinggi, atau tembok besar, perlu dipikirkan juga nanti betapa rumitnya untuk membuat aturan lalu lintas di atas udara. Jika setiap rumah atau sudah ratusan mobil terbang yang digunakan di udara dalam satu tempat, mungkin akan menyebabkan kekacauan di udara karena tidak memiliki lajur khusus untuk mobil terbang. Atau bahkan mungkin, bukannya mengurangi masalah transportasi justru malah menambah masalah. Namun, semoga saja semua impian yang kita bayangkan bisa terwujud.


0 comments:

Post a Comment

Post Lainnya