Catatan :

Sunday, July 19, 2015

Inilah Manfaat Mandi Dengan Air Dingin


Mandi adalah aktivitas rutin setiap hari untuk membersihkan tubuh dari kotoran maupun untuk menyegarkan badan. Mandi biasa dilakukan dengan menggunakan air, baik itu air dingin maupun air hangat. Namun tahukah kalian bahwa mandi terutama dengan menggunakan air dingin memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan menggunakan air hangat..???



Berikut adalah manfaat mandi dengan menggunakan air dingin yang berhasil Uniqity himpun:


1. Menjaga Kesuburan Pria
Banyak orang belum tahu bahwa mandi dengan menggunakan air dingin dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Sementara mandi dengan menggunakan air panas tidak baik untuk testis pria, sebab berpotensi menurunkan jumlah sperma dan memperlambat kematangan sperma. Jika kalian ingin memiliki anak satu atau tiga puluh, maka disarankan mandi dengan air dingin dan hindari mandi dengan air hangat ataupun mandi uap.


2. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Saat air dingin mengenai permukaan kulit, pembuluh darah di bawah permukaan kulit akan mengkerut sehingga mengurangi sirkulasi darah. Namun pada saat yang sama mekanisme tekanan darah secara otomatis akan menghancurkan dan menargetkan jaringan. Hal ini menyebabkan terjadinya sirkulasi darah dengan dorongan yang lebih besar, sehingga aliran darah menjadi lebih kuat dalam meningkatkan sirkulasi. Paham kan?

Air hangat akan membantu darah mengalir ke kulit, sementara air dingin membantu darah mengalir ke organ-organ tubuh. Jika tubuh mendapatkan air hangat dan air dingin secara bergantian, maka akan memicu sirkulasi darah yang lebih baik dengan memaksa darah untuk bergerak. Jadi, disarankan untuk mandi dengan menggunakan air hangat dan air dingin secara bergantian dalam tiap guyurannya, serta mengakhiri dengan menggunakan air dingin untuk membantu sirkulasi darah tersebut.


3. Membangun Kekebalan Tubuh
Mandi dengan menggunakan air dingin juga ternyata mampu meningkatkan sel darah putih. Hal ini dikarenakan air dingin akan meningkatkan metabolisme, sehingga panas tubuh ikut meningkat dan menghidupkan kembali sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan sel darah putih.


4. Meningkatkan Metabolisme
Ketika tubuh disiram dengan menggunakan air dingin, maka tubuh akan menghasilkan panas dan membuat metabolisme tubuh meningkat dengan cepat. Pada saat itulah karbohidrat dan lemak dibakar untuk membuat tubuh terasa hangat.


5. Mencegah Cedera
Mandi dengan air dingin dapat juga mencegah serat otot pecah setelah seharian melakukan aktivitas fisik yang berlebihan. Otot-otot akan meradang setelah tubuh melakukan aktivitas fisik sehingga butuh waktu untuk membuat otot-otot kembali rileks. Dan mandi dengan air dinginlah jawabannya.


6. Melancarkan Irama Tubuh
Air dingin ternyata mampu memperdalam pernapasan dan membantu melawan kelelahan. Bahkan ketika kita mengalami masalah tidur, maka mandi dengan air dingin bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak.


7. Membuat Wajah Lebih Berkilau
Jika ingin membersihkan pori-pori di wajah dari kotoran, basuhlah wajah dengan air hangat. Air hangat akan membuka dan melebarkan pori-pori, sehingga bisa dengan mudah membersihkan kotoran. Setelah selesai membersihkan kotoran di wajah, basuh kembali wajah dengan menggunakan air dingin, karena air dingin akan menutup kembali pori-pori wajah. Air dingin mencegah pori-pori tersumbat kotoran dan minyak serta mencegah munculnya jerawat akibat sumbatan pori-pori tadi. Air dingin juga membuat pembuluh darah menyempit sehingga mengurangi pembengkakan dan munculnya lingkar hitam di bawah mata atau biasa disebut mata panda. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih berkilau.


8. Membuat Rambut Lebih Sehat
Sudah kita ketahui, ketika kulit di siram air hangat maka akan mengakibatkan pori-pori terbuka. Jika air hangat disiramkan ke atas kepala, maka pori-pori kepala akan menjadi terbuka dan akhirnya rambut menjadi mudah rontok. Sebaliknya air dingin akan membuat kutikula menutup sehingga rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok serta mencegah kotoran terkumpul di kepala. Air dingin juga akan membuat rambut menjadi lebih berkilau, sebab air dingin tidak menghilangkan minyak alami yang terdapat pada kulit kepala dan rambut. Berbeda dengan air hangat yang justru akan menghilangkan minyak alami pafa kulit. 


9. Membuat Tubuh Lebih Bugar
Mandi pagi diutamakan dengan menggunakan air dingin karena air dingin membuat tubuh menjadi segar dan bugar. Air dingin akan membangunkan syaraf-syaraf dalam tubuh, serta mengatasi udara dingin di luar rumah. Berbeda dengan air panas, yang justru akan membuat tubuh kita menjadi lemas. Itu sebabnya, mandi malam dengan menggunakan air panas membuat kita tidur dengan nyenyak.


10. Manfaat Lainnya
Manfaat lain mandi dengan air dingin antara lain dapat mengurangi nyeri kronis, mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan dan mengatur sistem saraf otonomik. Selain itu, madi dengan air dingin juga akan membuat kita berenergi, lebih waspada dan bersemangat.


Jadi, lebih memilih mandi dengan air hangat atau air dingin...??
Betul... Lebih memilih mandi pakai air saja, bukan pakai yang lain. 


0 comments:

Post a Comment

Post Lainnya