Catatan :

Monday, July 20, 2015

Manfaat Mandi Dengan Air Hangat Yang Perlu Kita Ketahui


Mandi air hangat memang terasa lebih nyaman, terlebih setelah seharian melakukan aktivitas yang padat dan menyita tenaga serta pikiran sehingga tubuh perlu relaks dan istirahat. Dan ternyata, mandi dengan air hangat memiliki beberapa manfaat yang bisa kita rasakan dan mungkin perlu untuk diketahui.




Langsung saja, berikut adalah manfaat mandi dengan air hangat:

1. Membuat Awet Muda
Mandi dengan air hangat menyebabkan pori-pori pada kulit menjadi terbuka sehingga membuat kulit tampak lebih segar dan tidak kering. Pori-pori yang sudah terbuka akan membuatnya mudah untuk dibersihkan dari segala kotoran baik debu maupun minyak. Setelah pori-pori dibersihkan, disarankan untuk menutupnya kembali dengan menggunakan air dingin. Hal tersebut karena air dingin membuat pori-pori kembali menutup.


2. Mencegah Sakit Ringan
Jika kita sering diserang penyakit batuk, mungkin dengan mandi air hangat bisa meredakannya. Hal ini dikarenakan dengan mandi air hangat, kita bisa menghirup uap panas dari air hangat tersebut sehingga mampu menghilangkan phlegm (ingus atau dahak) yang merupakan penyebab iritasi pada tenggorokan kita.


3. Terhindar Dari Migrain
Air hangat juga ternyata dapat memperlancar peredaran darah ke otak kita. Oleh sebab itu, mandi air hangat membuat kita terhindar dari serangan migrain.


4. Meredakan Stres
Sering merasa stres sepulang kerja atau setelah seharian beraktivitas menguras tenaga dan pikiran? Mandilah air hangat karena dapat membantu menghilangkan rasa stres yang ada di pikiran kita.


5. Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes
Bagi para penderita diabetes, mandi dengan air hangat atau berendam selama setengah jam mampu menurunkan tingkat gula darah. Tapi ingat, jangan terlalu lama berendam.


6. Menyehatkan Organ Jantung
Mandi air hangat dipercaya mampu memperbaiki dan menjaga kesehatan organ jantung.


7. Menjadikan Tidur Lebih Berkualitas
Biasanya, setelah mandi air hangat tubuh akan menjadi rileks dan membuat istirahat atau tidur kita menjadi lebih pulas. Dan ketika bangun, tubuh akan kembali ke performa terbaiknya. Selain itu, air hangat juga membantu menghilangkan penyakit insomnia atau susah tidur.


8. Sebagai Pemanasan Sebelum Berolahraga
Sebelum latihan atau berolahraga, mandi air hangat bisa membantu sebagai awal pemanasan yang efektif. Kenapa? Karena ketika kita bangun tidur, otot-otot biasanya masih dalam keadaan kaku sehingga mudah menyebabkan keram dan peredaran darah juga menjadi kurang lancar.


Bagi kalian yang suka mandi air hangat, perlu diperhatikan bahwa terlalu sering mandi dengan menggunakan air hangat juga tidak baik. Mandi air hangat boleh jika hanya sesekali dilakukan, bukan dijadikan suatu kebiasaan karena mandi yang ideal adalah dengan menggunakan air dingin.

Demikian manfaat mandi dengan air hangat yang perlu kita ketahui, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.


0 comments:

Post a Comment

Post Lainnya