Catatan :

Tuesday, July 21, 2015

Ternyata Inilah Kegunaan Tombol Tengah Pada Mouse


Sering main komputer atau laptop kan...??? Punya mouse...???
Jika kalian sering menggunakan mouse saat bermain komputer atau laptop, pasti kalian tidak asing dengan klik kanan dan klik kiri. Nah, ditengah-tengah mouse (di antara tombol untuk klik kanan dan klik kiri) ada tombol tengah atau tombol scroll, biasanya sih dipakai untuk scroll ke bawah atau ke atas saja kan? Ternyata, selain untuk fungsi scroll, tombol tersebut bisa di klik dan memiliki kegunaannya sendiri sepertihalnya klik kanan dan klik kiri.



Lalu kira-kira apa kegunaannya?
Berikut adalah kegunaan tombol tengah atau tombol scroll pada mouse:
1. Open New Window
Kegunaan tombol tengah pada mouse yang pertama adalah untuk membuka jendela baru. Maksud jendela di sini adalah jendela dari program atau folder yang ada di taskbar dalam komputer. Jadi bukan berarti ketika kalian sedang main komputer di dalam kamar trus klik tombol tengah mouse, jendela kamar kalian bisa terbuka sendiri. Bukan itu ya.
Lalu, bagaimana caranya membuka jendela baru dari berbagai program atau folder yang ada di taskbar? Arahkan saja pointer mouse pada salah satu program atau folder di taskbar yang ingin dibuka, lalu tekan tombol tengah mouse, maka akan terbuka lembar kerja baru dari pogram tersebut.


2. Close Window
Kegunaan yang kedua tombol tengah pada mouse adalah untuk menutup satu jendela dalam program yang sedang dibuka. Caranya..??? Sama, seperti sebelumnya. Arahkan saja mouse ke program yang ada di taskbar, hingga muncul preview-nya. Lalu tekan tombol tengah di salah satu jendela untuk menutupnya.


3. Open in New Tab
Nah, kali ini bagi kalian yang suka internetan terutama browsing, mungkin akan sangat bermanfaat. Kegunaan yang ketiga tombol tengah pada mouse adalah untuk membuka link di tab lain. Biasanya saat bermain internet, kita sering menggunakan klik kanan dan Open link in new tab untuk membuka link di tab lain. Betul..??? Nah, ternyata hanya dengan sekali klik menggunakan tombol tengah pada mouse, maka secara otomatis kita bisa membuka link di tab lain. Simple kan..??


4. Open All Tab
Kegunaan selanjutnya tombol tengah pada mouse adalah untuk membuka semua link bookmark bar. Jika di bookmarks kalian ada banyak link yang disimpan dalam folder, pasti repot kalau harus membukanya satu per satu. Untuk membuka semua link tadi, cukup klik saja tombol tengah pada mouse. Sekali dayung, minum kopi. #AhSudahlah


5. Close Tab
Kegunaan terakhir tombol tengah pada mouse adalah untuk menutub tab pada browser. Biasanya kita menutup tab dengan mengklik tanda ‘x’ di sebelah kanan atas tab dalam sebuah browser. Namun jika tab yang kita buka terlalu banyak, maka tanda ‘x’ pada tab akan bersembunyi. Salah satu cara paling coeg cepat untuk menutup salah satu tab di browser tersebut adalah dengan menggunakan tombol tengah mouse.


Itulah sebagian fungsi atau kegunaan tombol tengah pada mouse yang perlu kita ketahui. Jika kalian mengetahui kegunaan tombol tengah pada mouse yang lain yang belum disebutkan di atas, kiranya sudi untuk berbagi ilmunya dengan mencoret-coret di kolom komentar.


0 comments:

Post a Comment

Post Lainnya