Catatan :

Wednesday, July 1, 2015

Resep - Es Pisang Ijo


Di bulan puasa ini, enaknya waktu buka puasa, makan sama minum yang manis-manis. Memang sih, perkataan “Berbuka (puasa) dengan yang manis-manis” bukan berasal dari hadist, tapi dari iklan TV.  Tapi gak salah kok, asal makanan dan minuman untuk berbuka nanti adalah makanan dan minuman yang halal dan thoyib.

Ngomong-ngomong tentang yang manis-manis, kita pasti tahu buah pisang. Buah merakyat yang mudah didapatkan ini memang serba bisa diolah jadi makanan ataupun cemilan apa saja. Kali ini, kita akan menggunakan pisang untuk membuat Es Pisang Ijo, bisa dimakan untuk buka atau hari lain waktu santai kalian.



Berikut yang perlu diperhatikan…

Bahan-bahan:
- 50 g tepung sagu.
- 175 g tepung beras, ayak.
- 6 buah pisang raja yang matang.
- ½ tetes pewarna hijau.
- 100 ml air daun suji.
- ½ sdt garam.
- 300 ml air.


Bahan Bubur:
- 50 g tepung beras.
- 800 ml santan dari 1 butir kelapa parut.
- 75 g gula pasir.
- 1 lembar daun pandan, simpulkan.
- ¼ sdt garam.


Pelengkap:
- Es serut.
- 100 ml sirup cocopandan siap pakai.
- 100 ml susu kental manis.



Cara Pembuatan Es Pisang Ijo:
1. Campurkan tepung beras, garam, air, air daun suji dan pewarna hijau. Aduk rata. Jerang di atas api kecil hingga mendidih sambil diaduk-aduk agar adonan tidak berbutir. Setelah selesai, angkat.
2. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga kalis. Bagi adonan menjadi 6 bagian. Bulatkan dan tipiskan hingga ½ cm.
3. Siapkan pisang raja, balut setiap pisang dengan adonan tepung beras hingga semua bagian tertutup rata.
4. Rebus pisang yang sudah dibalut dalam air mendidih hingga mengapung dan adonan matang. Setelah selesai, angkat lalu tiriskan dan sisihkan.

Untuk bubur: Campurkan santan tepung terigu, gula pasir, daun pandan dan garam. Aduk campuran tadi hingga rata. Jerang di atas api sedang, sambil di aduk-aduk hingga kental. Angkat.

Penyajian: Potongpotong pisang ijo (tanpa dipisahkan). Letakkan di atas piring saji. Tuangkan bubur. Tambahkan es serut, sirop dan susu kental manis. Jadilah seperti di foto.

Gimana, gak sulit kan..???

1 comment:

Post Lainnya