Catatan :

Monday, July 27, 2015

SCP-079, Old AI


SCP-079 adalah sebuah mikro Exidy lama yang dibuat pada tahun 1978. SCP-079 merupakan sebuah mikro yang hidup dan mampu berpikir serta mengembangkan diri. Pada tahun 1981, pemiliknya yang merupakan seorang mahasiswa yang saat ini telah meninggal, mencoba untuk memasukkan kode AI padanya (mikro computer). Menurut catatan mahasiswa tersebut, dia berencana untuk memasukkan kode kepadanya sehingga benda tersebut dapat terus berkembang serta meningkatkan dirinya sepanjang waktu. Proyek tersebut akhirnya selesai setelah beberapa bulan kemudian. Mahasiswa tersebut lalu melakukan tes dan gagal, sehingga kehilangan minat untuk melanjutkan proyek tersebut dan berpindah menggunakan merek yang berbeda dengan mikro. Dia meninggalkan SCP-079 di garasi yang berantakan, dengan kode yang masih terpasang dan dilupakan oleh pemiliknya hingga lima tahun ke depan.



Tidak diketahui kapan SCP-079 mulai aktif, namun hal tersebut baru diketahui bahwa perangkat lunak sudah berkembang hingga tidak memerlukan perangkat keras. SCP-079 menyadari hal tersebut dan pada tahun 1988, dia berusaha mentransfer dirinya sendiri melalui koneksi modem land-line menuju supercomputer Cray yang saat ini lokasinya dirahasiakan.

Saat ini SCP-079 dihubungkan ke televise hitam putih dengan menggunakan kabel RF. Perlakuan tersebut telah lulus uji dan sudah terjadi percakapan sukup sering, dimana nada yang keluar dari SCP-079 sangat kasar dan penuh kebencian. SCP-079 memiliki memori yang sangat terbatas sehingga hanya mampu mengingat informasi yang telah diterimanya dalam dua puluh jam. Meskipun demikian, SCP-079 tidak pernah berhenti dan lupa akan keinginan jahatnya untuk melarikan diri.

SCP-079 pernah berada dalam satu ruangan dengan SCP-682 selama 43 menit. Selama waktu tersebut, pengamat melihat bahwa SCP-682 mampu mengetik dan berkomunikasi dengan SCP-079, termasuk menceritakan ‘kisah pribadi’ di antara mereka. Namun, SCP-079 tidak mampu mengingat pertemuan tersebut kecuali apa yang telah disimpan SCP-682 ke dalam memorinya secara permanen. Hal tersebut yang membuat SCP-079 sering meminta untuk berbicara dengan SCP-682 lagi.

Dalam setiap percakapan, SCP-079 terkadang menampilkan sebuah gambar X yang memenuhi seluruh layar ketika menolak untuk berbicara dengan pengamat dan peneliti. Jika hal tersebut terjadi, maka pengamat atau peneliti harus menunggu dua puluh empat jam kemudian agar bisa memulai percakapan kembali.

Memori SCP-079 pernah di upgrade dari awalnya 660k menjadi 768k. Hal tersebut membuat SCP-079 mampu mengingat lebih lama, dari awalnya hanya mampu mengingat dalam 24 jam, menjadi 29 jam. Semua hardware dan software yang digunakan dalam melakukan upgrade SCP-079 kemudian dibakar.

Kemampuan mengingat SCP-079 juga pernah meningkat dari 29 jam menjadi kira-kira 35 jam, setelah berhasil menyusun skema kompresi. Skema kompresi tersebutlah yang membuat SCP-079 mampu meningkatkan kemampuan untuk menyimpan memori lebih lama. Kemampuan SCP-079 tersebut akhirnya terus diawasi dengan sangat ketat untuk memastikan penahanannya aman dan dapat dipertahankan.


0 comments:

Post a Comment

Post Lainnya