Catatan :

Wednesday, August 19, 2015

Unik, Jalur Khusus Bebek Hanya Ada di Kota Berikut Ini


Mungkin kalian sering melihat di sepanjang jalan di kota-kota besar terdapat jalur yang dibangun khusus bagi penggunanya. Jalur khusus tersebut contohnya adalah jalur khusus pejalan kaki, jalur khusus sepeda, jalur khusus wanita/perempuan, jalur khusus jomblo dan sebagainya. Namun ternyata, ada jalur yang cukup unik dan aneh di beberapa kota besar di Negara Inggris. Jalur khusus itu adalah Jalur Khusus Bebek atau Duck Lanes. Lho koq bisa..???



Di Inggris, khususnya di kota London, Birmingham dan Manchester telah dibangun sebuah jalur khusus yang unik karena diperuntukkan hanya untuk bebek. Jalur khusus bebek ini dibangun oleh sebuah yayasan, bernama Yayasan Canal and River. Menurut Claire Risino, ketua Yayasan Canal and River, ketiga kota di Inggris tersebut (London, Birmingham dan Manchester) memiliki sungai dan danau yang luas serta banyak dihuni oleh bebek-bebek. Di sekitar area sungai dan danau biasanya terdapat jalan kecil yang sering digunakan masyarakat baik bagi pejalan kaki maupun pengendara. Masyarakat pengguna jalan seringkali terganggu oleh bebek-bebek yang melintas di jalan dan tak jarang bebek-bebek tersebut tertabrak oleh kendaraan. Oleh sebab itu, Yayasan Canal and River akhirnya memutuskan untuk menyediakan jalur khusus bebek.


Pembangunan jalur khusus bebek ini, selain bertujuan melindungi bebek-bebek dan memberikan hak bagi para bebek di jalan, juga dimaksudkan bagi pemakai atau pengguna jalan agar lebih berhati-hati serta lebih memperhatikan dan peduli terhadap kehidupan alam di sekitarnya. Hasilnya, setelah jalur khusus dibuat, para bebek dapat beraktivitas dan memiliki haknya sendiri di jalan serta mengurangi insiden tabrak bebek oleh pengendara.


Selanjutnya, Yayasan Canal and River memiliki rencana untuk membangun lebih banyak lagi jalur khusus bagi hewan liar. Yayasan ini tetap memperhatikan keselamatan hewan agar terjaga dan aman serta memiliki haknya masing-masing. Namun, untuk saat ini hanya bebek dulu yang mendapatkan perlakuan istimewa, selebihnya akan menyusul. Mungkinkah nanti Yayasan Canal and River akan membuat jalur khusus buaya darat..??? Mari kita tunggu.


0 comments:

Post a Comment

Post Lainnya