Catatan :

Monday, August 3, 2015

Cara Mempertajam dan Menguatkan Daya Ingat


Seringkali seseorang (kita sebut sebagai “orang pertama”) selalu menghabiskan banyak waktu untuk membaca buku, namun hanya sedikit sekali isi buku yang masuk dan menempel di dalam otaknya. Disamping itu, ada juga orang yang jarang baca buku (kita sebut sebagai “orang kedua”) tapi sepertinya memiliki otak yang sangat cerdas dan melebihi orang yang pertama tadi sehingga lebih mengetahui apapun serta lebih pintar dibandingkan orang pertama. Apakah orang pertama memang bodoh dan orang kedua termasuk orang yang jenius..???



Eits, mungkin masalah tersebut ada pada kekuatan daya ingatnya. Orang yang memiliki daya ingat yang lemah akan sulit untuk mengingat meskipun banyak sekali buku-buku dan pengetahuan-pengetahuan yang dibaca serta diulang-ulang. Sementara mereka yang memiliki daya ingat yang kuat, meskipun hanya membaca sedikit saja akan membekas sangat lama. Dan biasanya mereka tidak perlu membaca banyak, hanya perlu sedikit saja bahkan tidak rutin namun pengetahuannya terus bertambah. Kita kadang melihat mereka seperti orang yang malas, dan tidak suka belajar. Apakah itu adil..??? Perlu kita ketahui, tidak mungkin seseorang tahu sesuatu tanpa melakukan apapun atau tanpa membaca informasi dan pengetahuan sebelumnya.


Nah, bagi kalian yang merasa seperti orang pertama, maka cobalah untuk mempertajam dan menguatkan daya ingat kalian.  Mari kita coba tips dan cara berikut ini untuk meningkatkan ketajaman dan menguatkan daya ingat kita:

1. Senam Otak
Ternyata, tidak hanya jasmani badan kita yang memerlukan senam, otak juga demikian. Otak merupakan sesuatu yang menyerupai otot yang perlu di latih secara berkala. Bagaimana caranya..??? Buatlah tantangan ataupun tebak-tebakan untuk diri sendiri yang dapat membantu untuk mengasah ingatan. Misalnya, menyebutkan nama-nama guru di SD, SMP dan SMA; menyebutkan judul-judul lagu lama dan penyanyinya, bahkan yang simple seperti mengingat 10 barang yang ada di kulkas, dan sebagainya.

2. Makanan Penunjang
Makanan juga penting untuk menunjang dan mempertajam daya ingat kita. Contoh makanan yang dapat menguatkan daya ingat antara lain minyak ikan, makanan berwarna merah dan ungu (seperti bawang merah, buah bit dan blueberry), serta bahan makanan yang kaya akan asam folat seperti pisang, brokoli dan kacang polong yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak.

3. Air putih
Otak yang mendapat asupan air yang cukup, juga mampu membuat fungsi otak menjadi maksimal disamping dapat menjadikan fungsi organ tubuh berjalan dengan baik. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan otak terhadap air, biasakanlah untuk minum 6 hingga 8 gelas air putih sehari.

4. Tidur cukup
Tidur yang cukup sangat dibutuhkan bagi sel-sel untuk beristirahat dan beregenerasi. Tak terkecuali dengan sel otak juga. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu tidur yang cukup dan berkualitas, jangan sampai kurang tidur apalagi sering berdagang, eh bergadang.

5. Santai
Otak akan melemah dan sulit berkonsentrasi ketika tekanan dan stress menghampiri. Jika hal tersebut terjadi, usirlah tekanan dan stress tersebut dengan melakukan aktivitas yang menjadikan tubuh dan otak menjadi santai seperti membaca buku, bermain game dan sebagainya. Hal tersebut dapat memulihkan kerja otak kita.

6. Permainan Asah Otak
Untuk cara ini, cobalah dengan memulai kebiasaan baru yaitu mengisi teka-teki silang. Jika masih kurang terasah, ajak yang di cover, maksudnya cewek untuk mengobrol dengan kita, karena sesungguhnya cewek penuh dengan teka-teki. Sekarang, kalian tak perlu bertanya kenapa cover buku teka-teki silang gambarnya cewek semua.

7. Berpikir
Ketika kita mencoba mengingat hal yang penting dan tak kunjung muncul, pasti akan sangat menjengkelkan. Jika kalian mengalaminya, jangan panik dahulu. Tenangkan diri dulu, kemudian cobalah untuk memikirkan hal-hal yang ringan seperti mengingat nama-nama mantan, nama-nama guru dan dosen yang galak, jenis buah-buahan atau nama-nama sahabat. Aktivitas tersebut akan membantu seseorang untuk mengingat hal penting yang ia lupakan.

8. Mengingat Masa Lalu
Untuk melatih ingatan daya panjang, cobalah untuk mengingat kembali hal-hal di masa lalu. Dosa masa lalu pun bolehlah di ingat. Misalnya ketika kalian pergi atau melewati atau cuma ingat sekolah dulu kalian, coba munculkan kembali ingatan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada saat dahulu di sekolah tersebut.

9. Berpikir Lewat Imajinasi
Kalian bisa melakukan cara ini pada saat hendak menyusun daftar belanja di rumah. Untuk menulis list barang-barang yang akan di beli, coba bayangkan diri kalian sudah berada di pasar atau supermarket. Jelajahi lorong-lorong di supermarket dan cari serta temukan barang-barang yang akan kalian beli.

10. Olahraga
Olahraga latihan fisik seperti jogging dan aerobik sangat membantu untuk merangsang perbaikan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar tersebut, akan meningkatkan produksi oksigen ke otak yang bermanfaat untuk mempertajam kemampuan berfikir.


Demikianlah cara ataupun tips untuk membuat daya ingat otak kita menjadi tajam dan kuat. Mudah bukan..??? Lalu, kenapa tidak dicoba..???
Let's try it.


0 comments:

Post a Comment

Post Lainnya