Catatan :

Wednesday, August 26, 2015

Awas..!!! Penyakit Menumpuk Karena Terlalu Lama Duduk


Bagi kalian yang bekerja di atas kursi atau sofa yang nyaman, sempatkanlah sedikit waktu kalian untuk membaca tulisan ini. Mungkin di antara kalian, saat ini masih merasa sangat nyaman bekerja di balik meja dengan kursi yang empuk dan enak serta menyenangkan. Namun jangan salah karena kursi maupun sofa yang saat ini selalu memanjakan kalian, suatu saat justru menjadi salah satu penyebab banyaknya penyakit yang akan kalian derita.



Terlalu lama duduk ternyata memiliki resiko, terutama terhadap kesehatan kita. Bagi kalian yang sering duduk antara 8 hingga 10 jam per hari, mulai saat ini perlu berhati-hati. Hal tersebut dikarenakan adanya sebuah penelitian yang dilakukan The Diabetes Group di University of Leicester yang menyatakan bahwa seseorang yang menghabiskan banyak waktunya dengan duduk terlalu lama, akan sangat beresiko mengalami berbagai macam penyakit.


Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh terlalu lama duduk.
1. Sakit Punggung
Bagi kalian yang bekerja di dalam kantor, penjaga warnet dan sebagainya yang aktivitasnya sering duduk terlalu lama biasanya sering mengalami sakit punggung. Sakit punggung dapat terjadi karena otot-otot tubuh menjadi kaku akibat terlalu lama diam. Rasa nyeri tersebut biasanya akan muncul setelah duduk lebih dari 10 jam. Orang-orang yang terlalu sering lama duduk akan rentan mengalami sakit punggung bagian bawah dan sakit pada bagian tulang belakang secara keseluruhan.

2. Nyeri Pada Leher
Nyeri leher dapat dialami siapapun yang duduk dalam posisi tegak selama berjam-jam. Rasa nyeri pada leher ini biasanya diakibatkan oleh adanya peradangan pada bagian sendi tulang belakang. Nah, mereka yang terlalu lama menatap komputer tanpa menggerakkan leher, kepala maupun tubuhnya akan sering terkena nyeri pada leher.

3. Fungsi Metabolisme Menjadi Terganggu
Fungsi metabolisme dalam tubuh juga akan terganggu jika kita terlalu lama duduk hingga berjam-jam. Terganggunya fungsi metabolisme tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat yang mengakibatkan daya tahan tubuh menjadi berkurang. Akibatnya, terjadinya banyak masalah kesehatan pada tubuh sehingga lebih mudah terserang penyakit.

4. Berat Badan Bertambah dan Beresiko Terkena Diabetes
Saat kita duduk, maka aktivitas elektrik otot akan melambat. Melambatnya aktivitas elektrik otot ini akan mempengaruhi kemampuan tubuh dalam membakar kalori, sehingga dapat mengalami penambahan berat badan serta kenaikan kolesterol. Jika hal tersebut dibiarkan, maka akan mengakibatkan munculnya penyakit diabetes. Penyakit ini bisa di alami mereka yang sering duduk selama 7 jam per harinya.

5. Memicu Munculnya Penyakit Jantung
Dampak yang paling berbahaya akibat duduk terlalu lama adalah dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Penyakit jantung dapat terjadi karena adanya peningkatan lemak darah dan kolesterol jahat. Selain itu, peningkatan lemak darah serta kolesterol jahat juga dapat berdampak pada munculnya penyakit-penyakit fatal lainnya seperti kanker, penyakit ginjal dan stroke. Penyakit-penyakit inilah yang sering menyebabkan kematian seseorang, termasuk mati muda.


Demikian dampak duduk terlalu lama yang ternyata dapat memunculkan banyak penyakit yang menumpuk. Untuk menghindari dampak tersebut, sering-seringlah beraktivitas dengan menggerakkan tubuh agar tubuh terus bergerak serta membantu melancarkan fungsi metabolisme tubuh. Jangan biarkan tubuh berdiam diri tak melakukan apapun sehingga memudahkan penyakit menggerogoti tubuh kita.


2 comments:

  1. Kasihan yg masih sekolah...
    Sering duduk d dalam kelas, jadi berpotensi punya setumpuk penyakit semua.
    Kecuali anak bandel yg suka bolos, jadi jarang duduk di kelas.

    ReplyDelete

Post Lainnya