Catatan :

Saturday, August 15, 2015

Manfaat Dari Sebuah Pelukan


Apa yang kalian rasakan saat berpelukan, terutama dengan orang yang kalian sayangi dan cintai? Sebuah penelitian seperti yang dikutip oleh Mindbodygreen, menyatakan bahwa sebuah pelukan ternyata mampu menghilangkan rasa cemas, depresi, stress serta beberapa penyakit yang berhubungan dengan stress. Aktivitas memeluk memang bukan hal yang sulit dilakukan, terutama terhadap sepasang kekasih, sahabat maupun mereka yang memiliki hubungan keluarga seperti anak dan orang tua. Dan tahukah kalian, bahwa sebuah pelukan memiliki beberapa manfaat lain bagi mereka yang melakukannya.



Berikut adalah manfaat dari sebuah pelukan yang perlu kita ketahui

1. Memberi Rasa Aman dan Membangun Kepercayaan
Masih ingatkah kalian ketika masih kecil sangat suka memeluk atau dipeluk orang tua? Hal tersebut karena dengan memeluk atau dipeluk orang tua yang kita cintai, selain memberi rasa hangat dan nyaman, juga membuat kita merasa lebih aman. Selan itu, menurut MD Junction, sebuah pelukan juga mampu membangun rasa kepercayaan bagi pelakunya. So, tidak terbatas umur berapapun kita, kita membutuhkan rasa aman dan saling mempercayai bukan?


2. Merangsang Kinerja Hormon Menjadi lebih Baik
Saat kita berpelukan, kita menjadi merasa tenang. Hal tersebut karena saat berpelukan, mampu membuat dan merangsan hormon oksitosin dan serotonin untuk bekerja dengan baik dan lancar. Hormon oksitosin dan serotonin merupakan hormon yang mampu menciptakan rasa tenang, aman, damai serta menjauhkan perasaan kesepian dan marah.


3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Bagi mereka yang tumbuh dalam keluarga yang hangat dan murah pelukan, biasanya memiliki rasa percaya diri yang tinggi dibandingkan mereka yang berada dalam lingkungan keluarga yang kurang harmonis. Hal tersebut karena orang-orang yang senantiasa mendapat pelukan, merasa dirinya berharga dan dicintai. Oleh sebab itu, saat dewasa perasaan tersebut akan turut serta menciptakan sikap untuk mencintai dan menghargai diri sendiri maupun orang lain.


4. Membuat Tubuh Menjadi Rileks
Dengan sebuah pelukan, seseorang dapat mengendurkan otot-otot yang tegang, menghilangkan tekanan dalam hidup serta mengatasi rasa takut juga meningkatkan sirkulasi ke seluruh jaringan tubuh. Hal tersebut akan membuat tubuh menjadi rileks dan santai.


5. Mampu Menyeimbangkan Pikiran
Saat berpelukan, terjadi kontak fisik kulit yang menghasilkan reaksi listrik di kulit sehingga membuat dua orang yang berpelukan memiliki kondisi mental yang lebih seimbang. Respon dalam pelukanlah yang mampu menyeimbangkan kondisi kejiwaan.


6. Mengajarkan Untuk Saling Memberi dan Menerima
Dalam sebuah pelukan, mampu membuat dua orang saling memberikan perasaan menerima dan diterima secara bersamaan. Hal tersebut ternyata mampu mengajarkan kita bagaimana cara memberi dan menerima terhadap orang lain, karena dengan berpelukan menunjukkan rasa kasih sayang yang berjalan dari dua arah.


7. Meningkatkan Keterikatan Emosional dan Spiritual
Interaksi secara fisik dalam pelukan, menurut Babble, dapat membuat dua orang merasakan keterikatan emosional dan spiritual. Ikatan tersebut sangat penting untuk menjaga kualitas sebuah hubungan pasangan kekasih atau suami istri. Semakin sering pasangan tersebut berpelukan, semakin tinggi ikatan tersebut.


8. Meningkatkan Empati dan Saling Pengertian
Empati dan rasa saling mengerti juga dapat meningkat seiring rutinnya aktivitas pelukan dalam sebuah hubungan. Pelukan merupakan investasi dalam sebuah hubungan, yang menyalurkan energi ke setiap pasangan baik laki-laki maupun perempuan.


9. Membuka Jalur Komunikasi
Menurut Babble, sebuah pelukan juga dapat melepaskan ketegangan dalam hubungan dan membuka jalur komunikasi yang baik. Sebuah pelukan dapat mencairkan serta memperbaiki hubungan yang mungkin kurang baik pada pasangan.


Demikian beberapa manfaat dari sebuah pelukan yang perlu kita ketahui. Aktivitas sederhana seperti pelukan ternyata tidak hanya sebuah aktivitas fisik saja, namun memiliki banyak manfaat. Jadi, bagi kalian yang sudah memiliki pasangan atau orang-orang yang kalian cintai, peluklah mereka.


0 comments:

Post a Comment

Post Lainnya