Catatan :

Saturday, July 25, 2015

Fallstreak Hole atau Hole Punch Clouds, Lubang Awan di Udara


Awan Fallstreak Hole memiliki beberapa nama lain seperti Hole Punch Clouds (lubang pukulan awan), Punch Hole Clouds (pukulan lubang awan), Canal Clouds (kanal awan), dan Clouds Hole (lubang awan). Hole Punch Clouds atau awan Fallstreak Hole merupakan awan yang memiliki bentuk lingkaran ataupun elips yang dapat muncul pada awan altocumulus atau cirrocumulus



Ketika kristal es terbentuk, akan memicu efek domino. Dikarenakan adanya proses Bergeron, akhirnya menyebabkan tetesan air di sekitar kristal menguap dan meninggalkan tanda yang besar berupa lingkaran ataupun lubang di awan. Lubang pada awan Fallstreak Hole ini terjadi pada saat suhu air pada awan berada di bawah titik beku, namun air tidak membeku disebabkan kurangnya partikel nukleasi es. Tetesan air yang berasal dari Hole Punch Clouds terasa sangat dingin, bahkan jauh lebih dingin dari air yang membeku.


Proses terjadi lubang pada awan Fallstreak Hole, biasanya disebabkan oleh sebuah pesawat yang lewat melalui sekumpulan awan sehingga membantu menciptakan kristal es kecil. Kristal es kecil tersebut yang akhirnya langsung masuk ke lapisan awan. Kristal-kristal kecil ini terbentuk pada daerah yang dilalui sayap pesawat, baik diujung maupun bagian baling-baling pesawat.


Segera setelah kristal es kecil muncul di tengah-tengah lapisan awan yang mengandung tetesan air superdingin, menyebabkan  kristal es kecil tersebut menarik tetesan-tetesan air superdingin dan membantunya untuk membentuk kristal es yang lebih besar. Akibatnya, terbentuklah garis-garis di udara, dan karena banyaknya tetesan-tetesan air superdingin yang mengumpul pada satu tempat sehingga merobek awan dan membentuk sebuah lubang di awan.


Terkadang, terdapat warna pelangi pada awan Fallstreak Hole yang terlihat menyebar melalui bagian dari lubang awan tertentu. Warna pelangi ini disebabkan oleh sinar matahari yang dibiaskan saat melewati kristal-kristal air. Peristiwa ini mirip dengan Parhelion, atau lebih dikenal sebagai Sun Dog.


Terakhir, karena peristiwa ini sangat langka atau jarang dan penampilannya yang tidak biasa serta masih sangat sedikitnya paparan di media, mengakibatkan awan Fallstreak Hole atau Hole Punch Clouds keliru didefinisikan serta sering dikaitkan dengan benda terbang tak dikenal (UFO: Unidentified Flying Object).


0 comments:

Post a Comment

Post Lainnya